Menuntut ilmu di sekolah non Muslim

> Ass.Wr.Wb..
>
> Pak Ustad,saya ingin mengajukan pertanyaan terutama yang menyangkut
tentang diri saya,karena saya merasa pernah mendapatkan didikan yang salah
dari non-muslim,tepatnya sewaktu saya sekolah di bangku SMA saya sekolah di
yayasan kristen,saya sebenarnya menyadari bahwa sekolah di yayasan tersebut
berarti keimanan saya mulai mengalami kemunduran,karena hampir setiap hari
yang saya dapatkan hanyalah pengetahuan non-muslim/kristen,maka
Alhamdullilah,saya di situ tidak sendirian ternyata teman-2 hampir 60%
muslim..
> Yang menjadi ganjalan saya selama ini bagaimanakah bisa menebus dosa saya
selama ini,karena saya waktu dalam memilih sekolahan tergantung terhadap
orang tua,dan orang tua saya seorang pensiunan ABRI yang gajinya tidak
seberapa,karena saat itu di daerah Yogyakarta untuk mengenyam pendidikan di
yayasan islam yang mutu pendidikannya bagus sangatlah mahal.
> Tolong bimbing saya untuk bisa menebus dosa saya selama ini....
>
> Alhamdullillah,saya semenjak kuliah,saya mulai bergaul dengan sesama
muslim karena saya merasa ingin menebus dosa yg telah saya perbuat.
> Dan lingkungan kerja saya juga 90% muslim.
>
> Dalam hati saya,termasuk nazar saya yang Insya Alloh kalau mendapat rejeki
saya ingin anak saya masuk ke dalam lingkungan pendidikan Islami,pelajaran
orang tuanya sangatlah berharga bagi anak saya.Insya Alloh.
>
> Terima kasih atas sarannya dan saya sangat menanti tuntunan dan siraman
rohani saya yang kering selama ini.
>
> Wallaikumsallam wr.wb.

Jawaban:


Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh,

Kebetulan saya mengalami hal yang serupa sahabat. Tetapi alhamdulillah ke 
Islaman saya tidak luntur, walaupun semua guru Kristen yang mengajar saya 
menunjukkan kasih sayangnya kepada saya. Sampai mereka sering mendatangi 
rumah saya, tetapi sekalipun mereka tidak pernah memaksa saya dan keluarga 
saya memasuki agama Kristen. Dalam pelajaran agama mereka tidak memaksa 
saya untuk mengikuti, begitu juga dalam acara ritual. Alhamdulillah saya 
masih diberi kekuatan oleh Allah.

Mungkin yang dimaksud oleh sahabat, adalah keikut sertaan anda dalam ibadah 
ritual mereka, seperti menyanyikan lagu rohani, acara natal. dsb. Kalau pada 
saat itu anda belum tahu kalau itu dosa, maka kemudian anda bertaubat maka 
Insya Allah Dia akan mengampuni anda.

"Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang
mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat sesudah
itu dan memperbaiki (dirinya); sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar
Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 16:119)".

Jadi syaratnya mudah, yaitu dengan bertaubat dengan taubat yang sesungguhnya
(ucapan dan perbuatan, niat - mohon ampun kepada Allah - menyesali diri -
menjauhi - berjanji tidak mengulangi). Kemudian memperbaiki kesalahan masa
lalu yang anda perbuat, dengan meninggalkan perbuatan yang dilarang Allah.

Sesungguhnya Allah MAha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Wassalam,

2 komentar:

Anonim 29 April 2014 pukul 15.55  

Aslm.ust sy pengajar di lembaga/SMA non muslim.kbetulan mengajar biologi. di lembaga tersebut ada 8 guru muslim termasuk saya.yg mengganjal dibenak sy selama ini bgaimna hukumnya menerima gaji dr lmbga non muslim? terima kasih.

Obat herbal hepatitis B 23 Juli 2014 pukul 21.02  


Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku