Hutang yang terlupakan

 
 
Apakah hutang saya pada seseorang yang saya sendiri lupa dan yang
memberi hutang sendiri juga lupa,saya bayarkan atau saya salurka ke orang
yang membutuhkan dengan niat untuk membayar hutang tersebut,karena saya
takut kalau diakhirat nanti ternyata saya masih tersangkut dengan hutang
dan saya sendiri tidak bermaksud untuk tidak membayar.

Jawaban:

Assalaamu'alaikum wr.wb.

Islam mengajarkan bahwa hutang sekecil apapun harus ditulis dan
disaksikan oleh saudara seiman lainnya. Salah satu kekurangan manusia
adalah lupa. Selain itu amalan itu tadi adalah merupakan
sebuah perintah dalam Al-quraan (lihat AlBaqoroh 282), barang siapa
melanggar aturan itu maka dia akan dihukumi fasik. Bagaimanapun dosa
manusia itu bisa diampuni, yang sulit itu adalah dosa sehubungan dengan
menyekutukan Allah. Kalau dosa kepada Allah maka minta ampunlah
kepada Allah, tetapi dosa kepada manusia maka Allah tidak bisa
mengampuni terkecuali minta ampun pada manusia itu. Tobat adalah
satu-satunya jalan untuk menyelesaikan/meringankan masalah ini.

Dari beberapa ayat dan hadits yang saya ketahui, orang yang bertobat itu
melakukan empat macam amalan yaitu:
1. Mengakui kesalahannya.
2. Menyatakan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi.
3. Minta ampun
4. Membayar kaffaroh sesuai dengan aturan main dalam Al-Quran dan
Al-Hadits atau menurut Ijtihad Ulil Amri (yang tidak bertentangan dengan
Al-Quran dan Al-Hadits) bila masalahnya tidak tercantum dalam Al-Quran
dan Al-Hadits.

Ketiga amalan (1,2,3) tersebut secara lisan disampaikan kepada Allah atau
Manusia, tergantung kepada siapa kita berbuat kesalahan.

Untuk lebih jelas silahkan anda mengkaji QS.At-Tahriim 8, QS.Az-Zumar 53,
QS.An.Nisaa' 48, QS.At-Taubah 103-104, QS.Ali-'Imron 135, HR.Ibnu Maajah
Kitab Shifatil-Qiyamah dan Kitab Zuhdi dan Kitab Adab, HR.Abu Dawud Kitab
Sholah, HR.Bukhori Kitab Tafsir S.At-Taubah, dlsb.

Demikian sedikit masukan dari saya, mohon maaf salah dan kurangnya
ataupun ada sesuatu yang tidak berkenan. Wassalaamu'alaikum wr.wb.
_________________
Wardhana Hadi S

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku