Batalkah sholat saat terluka dan mengeluarkan darah?

assalaamu'alaikum wr. wb.

pertanyaan saya :
1. sahkah sholat saya jika saya mempunyai luka yang masih meneluarkan
   darah saat sedang sholat, padahal saya telah berusaha untuk menghentikan
   pendarahannya ?
2. apakah darah yang berasal dari luka saya tadi, jika menempel di pakaian
   saya, maka pakaian tsb. itu boleh dipakai untuk sholat?
3. jika luka itu masih mengeluarkan darah dan masih mengenai pakaian
   saya(menempel di pakaian), bagaimana sholat saya yang sebaiknya?

demikian pertanyaan dari saya.
Jazakumullah khairan katsira
wassalam


Jawaban:

Wa 'Alaikum salam.
Pertama, Islam tidak membebani umatnya dengan kewajiban yang berada di luar
kemampuannya. Oleh sebab itu, jika sdr sudah berupaya membersih luka yang
berdarah/bernanah, namun masih saja mengeluarkan darah/nanah pada saat sdr
salat, maka salat sdr tetap sah.
Kedua, darah/nanah tergolong najis, oleh sebab itu ia harus dibersihkan, dan
pakaian yang  terkena darah/nanah harus dibersihkan.
Ketiga, jika luka sdr terus berdarah/bernanah, luka tsb ada baiknya
diperban. Hal ini selain mengurangi pengeluaran darah, juga dapat menjaga
kebersihan diri dan pakaian sdr.
Wa Allah 'alam bi-shawab.

4 komentar:

Alloy_Hanh 11 Juni 2011 pukul 09.35  

Maaf ..
Hukum darah adalah suci kecuali darah haid ..
Jadi, pakaian yang terkena darah kecuali darah haid masih boleh digunakan untuk shalat ...

Alloy_Hanh 11 Juni 2011 pukul 09.40  

Mohon dikoreksi ...

Anonim 24 Juli 2011 pukul 14.33  

AsLamuaLaikum wr wb..
Saya mau tanya :
1. Apakah sholat kita sah jika saya terkena penyakit kencing nanah ? dan ketika sholat terus mengeluarkan nanah dan saya sudah berusaha menghentikannya
2. Apakah Puasa saya sah jika saya terkena penyakit tersebut.. ?

Mohon petunjuknya
Terimah Kasih banyak
WassaLamualaikum wr wb

Unknown 22 Agustus 2013 pukul 02.17  

Saat shlt selesai br sadar kali jari sy terluka dn berdarah..hukumnya bgaimmna..tolong jlaskn..
..apa sah slt sy...

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku