Keutamaan Dalam Kehidupan Manusia dan Tuntunan Baik Dalam Islam

Keutamaan Shalat Shubuh
Bukhari
Dari Abu Hurairah RA : “Aku pernah mendengar Rasululloh SAW bersabda : Pahala shalat berjamaah adalah 25kali lebih besar dibandingkan mengerjakan shalat sendirian. Malaikat malam hari dan malaikat siang hari berkumpul pada waktu shubuh.” Abu Hurairah kemudian menambahkan (Allah Berfirman) : “Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan para malaikat.”
Orang Yang Kuat Adalah ..
Muttafaqun Alaih
Orang yang kuat itu bukanlah orang yang kuat dalam berkelahi, namun orang yang kuat adalah orang yang dapat menguasai emosinya tatkala marah (Muttafaqun Alaih)
Termasuk Yang Manakah ‘Hatimu’?
Ahmad, Thabrani, Haitsami & Hindi
Hati itu ada empat. (Pertama), hati yang bersih dan di dalamnya terdapat pelita yang menerangi. Itu adalah hati orang mukmin. (Kedua), hati yang hitam dan terbalik. Itu adalah hati orang kafir. (Ketiga), hati yang tertutup dan terikat dengan tutupnya. Itu adalah hati orang munafik. (Keempat), hati yang lebar dan di dalamnya ada iman dan nifak. Perumpamaan iman di dalamnya seperti sayuran yang dibantu oleh air yang baik.
Perumpamaan nifak di dalamnya seperti luka yang dibantu oleh nanah dan darah. Manakah di antara kedua pembantu ini yang lebih mendominasi, dengannyalah kemenangan ditetapkan baginya.
Luruskan Perjuanganmu!
Bukhari & Muslim
Dari Abu Abdullah Nu’man bin Basyir RA ia berkata : “Saya mendengar Rasululloh SAW bersabda, “Luruskanlah dan samakanlah barisan salatmu, atau kalau tidak, niscaya Allah akan benar-benar mengubah bentuk wajahmu.”
Keutamaan Al Ikhlas
Tirmidzi
Dari Anas RA bahwasanya ada seseorang berkata : “Wahai Rasululloh SAW sesungguhnya saya sangat suka pada surat Qul Huwallaahu Ahad” Beliau bersabda : “Sesungguhnya kecintaanmu terhadap surat itu dapat memasukkanmu ke dalam surga”
Keutamaan An Naas & Al Falaq
Muslim
Dari Uqbah bin Amir RA bahwasanya Rasululloh SAW bersabda : “Tidakkah kamu perhatikan beberapa ayat yang diturunkan pada malam ini tiada bandingannya sama sekali yaitu surat Qul a’uudzu birabbil falaq dan Qul a’uudzu birabbinnaas”
Apakah Anda Termasuk Berpaling?
Bukhari
Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda : “Semua umatku masuk syurga, kecuali orang-orang yang berpaling.” ada yang bertanya : “Wahai Rosululloh, siapa saja mereka?”. Rasululloh SAW bersabda : “Siapa saja yang taat kepadaku pasti masuk syurga. Dan siapa saja yang mendurhakaiku dialah termasuk orang-orang yang berpaling.”
Kejujuran adalah Wajib
Muttafaqun Alaih
Sesungguhnya kejujuran itu membawa kebajikan dan kebajikan membawa pelakunya ke syurga. Tidaklah seseorang berbuat jujur hingga Allah mencatatnya sebagai orang jujur. Kedustaan itu membawa kepada kejahatan dan kejahatan itu membawa ke neraka. Tidaklah seseorang berbuat jahat hingga Allah SWT mencatatnya sebagai penjahat
Bersujudlah dengan Ikhlas
Muslim
Tsauban RA berkata bahwa Rasululloh SAW bersabda, “Hendaklah kalian memperbanyak sujud kepada Allah. Karena sesungguhnya tidaklah kalian sujud sekali saja, kecuali Allah akan mengangkat kalian semua kepada-Nya dengan sujud itu satu derajat dan menggugurkan dengannya dari kalian satu dosa.
slam Akan Memasuki Setiap Rumah
Ahmad, al-Baihaqi, al-Hakim, ath-Thabrani, Ibn Bisyran dan Abu ‘Urubah
Sungguh perkara (agama) ini akan sampai ke seluruh dunia sebagaimana sampainya malam dan siang. Allah tidak akan membiarkan satu rumah pun baik di kota maupun di desa kecuali Allah akan memasukkan agama ini dengan kemuliaan yang dimuliakan atau kehinaan yang dihinakan; kemuliaan yang dengannya Allah memuliakan Islam dan kehinaan yang dengannya Allah menghina-dinakan kekufuran
Kewajiban Berbakti Kepada Ortu
Bukhari & Muslim
Abu Bakrah berkata : Rasululloh SAW bersabda, “Sukakah saya beritahukan kepadamu dosa yang paling besar? Yaitu menyekutukan Allah dan Durhaka kepada kedua orang tua.” Tadinya Nabi SAW menyandar, tapi kemudian dia tegak duduk sambil bersabda, “Camkanlah dan saksi palsu, dan perkataan bohong.” Maka Nabi selalu mengulangi : “Dan persaksian palsu,” sehingga kami berkata, “Semoga Nabi Diam.”

0 komentar:

Poskan Komentar

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download

Recent Posts


ShoutMix chat widget