Penetapan Awal Ramadhan


Tanya :
Berkaitan dengan makin dekatnya bulan Ramadhan, sebagian kalangan telah menetapkan tanggal dimulainya puasa berdasarkan hisab. Sebagian lagi, menunggu ru`yah atau melihat hilal ( bulan ). Mohon penjelasan tentang masalah ini. Jazaakumullah Khairan.

Jawab :
Penetapan awal Ramadhan harus didasarkan pada ru`yah atau melihat bulan. Hal ini didasarkan sabda Rosulullah SAW, “ Berpuasalah kalian karena melihatnya ( bulan ), dan berbukalah karena melihatnya, “ ( HR. Bukhari ). Yang dimaksud dengan “ Ru`yah “ adalah melihat awal munculnya bulan. Ketentuan ini disepakati para ulama.

Lalu, mereka berbeda pendapat, pada situasi dimana bulan tertutup awan, sehingga tidak mungkin melakukan ru`yah pada waktu yang dibutuhkan. Dalam hal ini, mayoritas ulama berpendapat bahwa yang harus dilakukan adalah menggenapkan bulan Hijriyah menjadi 30 hari. Jika awan tertutupi pada awal bulan Ramadhan, maka yang digenapkan adalah bulan Ramadhan. Adapun jika awan tertutupi pada akhir bulan, maka puasa digenapkan menjadi 30 hari.

Pendapat lain, yang bersumber dari sebagian ulama salaf, seperti muththarrif bin syikhkhir ( salah seorang tabi`in senior ), dan diriwyatkan oleh Ibnu Suraij dari Syafi`I, jika seseorang mengikuti mazhab yang beradil dengan bintang dan perjalanan bulan ( dalam hal penetapan bulan ), lalu setelah ia menghitung dan yakin bahwa bulan itu telah terlihat meski ditutupi awan, maka ia boleh berpuasa dan puasanya sah.
Sebab perbedaan pendapat terletak pada memahami riwayat lain yang berbunyi : “ Berpuasalah kalian karena melihatnya ( bulan ), dan berbukalah karena melihatnya, maka jika kalian tertutupi awan maka tentukanlah untuknya.” Menurut mayoritas ulama, makna

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku