Keutamaan surat al-Baqarah dan Ali-imran

Mengenai pengkhususan keutamaan bagi sebagian surat dan ayat al-qur'an telah disebutkan dalam as-sunnah, sebagaimana hal itu telah masyur, di antaranya adalah surat al-fatihah yang menjadi syarat syahnya shalat. kemudian, surat al-baqarah dan surat Ali-imran. mengenai kedua surat ini, Nabi SAW bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

"Bacalah dua surat yang bersinar, yaitu surat al-bawarah dan surat ali imran. karena keduanya akan datang pada hari kiamat seperti duabuah awan, atau seperti dua hal yang menaungi, atau seperti dua kawanan burung yang berbaris, keduanya memberikan pembelaan kepada pembacanya."

Setelah itu, Beliau SAW bersabda mengenai kedudukan surat al-Baqarah  :
"bacalah surat al-Baqarah, karena membacanya adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya adalah suatu kerugian, dan ia tidak dapat ditandingi oleh tukang sihir" (HR. imam Muslim dalam kitab shahiih-nya)

Termasuk keberkahan surat al-baqarah yaitu syaitan akan lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat al-Baqarah, sebagaimana hal itu telah disebutkan secara shahiih dari Nabi SAW (Lihat Shahiih Muslim I/539, kitab Shalaatul musaafirin, Bab Istihbaab Shalaatin naafilah fii baitihi wa Jawaazuha fil Masjid).

Di dalam surat ini juga terdapat ayat kursi yang merupakan ayat yang paling mulia di dalam Kitabullah dan ayat yang mengandung keberkahan dan keutamaan yang bersifat khusus di dunia dan di akhirat. Dua ayat terakhir dari surat ini juga memiliki keutamaan yang besar.


0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku