Apakah Pendidikan Berpendidikan?


Institusi pendidikan dalam hal ini Universitas seharusnya mampu memberikan iklim dan kondisi yang mendukung untuk di adakannya proses mencetak generasi perubah dengan pendidikan yang optimal di semua civitas akademika. Bukan hanya di kalangan Mahasiswa saja tetapi seharusnya di kalangan pengajar dan para pejabat Universitas yang seharusnya menjadi kiblat dan teladan bagi mahasiswa. Akan menjadi hal yang sangat riskan dan sangat ironis jika idealisme untuk disiplin dalam hal pendidikan hanya diterapkan di kalangan mahasiswa saja, karena hal ini akan menjadikan ketimpangan sosial yang berpotensi melahirkan konflik antara infrastruktur agen perubah.

            Ketika kita sudah membawa label dan tercipta midset di kalangan umum bawa Universitas merupakan sebuah lembaga yang bisa dan berpotensi untuk melahirkan pemikir peradaban dan akhirnya bisa menjadikan kehidupan yang lebih baik, maka kita harusnya bercermin pada diri sendiri, apakah jabatan dan label mulia yang diberikan kepada kita sudah sepenuhnya ada dan include pada kita? Hanya kita sendiri yang mampu menjawabnya, karena setiap individu memiliki idealisme masing-masing dan tentunya di ikuti oleh kontribusi yang berbeda – beda yang memiliki peran yang sangat penting dalam usaha membuat kehidupan yang lebih baik.

            Hal yang seharusnya mereka lakukan adalah, menyadarkan diri mereka sendiri akan keberadaan dirinya dan statusnya sebagai kaum interlektual muda dan betapa pentingnya mereka ketika dihadapkan dengan ketimpangan sosial yang terjadi di sekitar mereka, bukan malah menutup diri dan mengunci idealisme mereka di dalam sebuah benteng peradaban yang tidak akan pernah runtuh di makan oleh zaman. Hal ini bisa akan terwujud jika mulai sedini mungkin mereka belajar untuk peka terhadap kejadian – kejadian di sekitar mereka, dan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembelajaran sedini mungkin untuk bisa ikut ambil bagian di dalam perubahan sebuah peradaban. Solusi kongkretnya adalah dengan sedini mungkin untuk ikut berorganisasi di semua aspek kehidupan, karena hanya dengan berorganisasi inilah secara bertahap kita akan sedikit demi sedikit ikut merasakan apa yang sedang terjadi, sehingga jika kita tidak merasa nyaman dan terbelenggu oleh kediktatoran zaman, maka kita akan berdiri tegak dan serentak mengibarkan panji perlawanan terhadap ketimpangan sosial untuk kehidupan yang lebih baik !!!. ( Avicennaalrasyid )

Semarang, 24 Agustus 2007

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku