Macam-macam surat dalam al-Qur'an

Surat-surat Qur`an itu ada empat bagian:
  1. At Tiwal ada tujuh surah, yaitu baqarah, Ali Imran, an Nisa`, Al Maidah, An’am, A’raf dan yang ketujuh ad yang mengatakan anfal dan bara’ah sekaligus karena tidak  dipisah dengan basmalah diantra keduanya. Dan dikatakan pula bahwa yang ketujuh adalah surah Yunus.
  2. Al mi’un, yaitu surah-surah yang ayat-ayatnya lebih dari seratus atau sekitar itu.
  3. Al Matsani, yaitu  surah-surah yang jumlah ayatnya di bawah al Mi’un. Dinamakan masani karena surah itu di ulang-ulang bacaanya lebih banyak dari at tiwal dam al mi’un.
  4. Al mufasal, dikatakan bahwa surah–surah ini dimulai dari surah qof, ada pula yang mengatakan di mulai dari surat al hujurat, juga ada yang mengatakan dimulai dari surat yang lain. Mufasal di bagi menjadi tiga: Tiwal ,ausat dan qisar. Mufassal tiwal dimulai dari surat Qaf atau hujurat sampai dengan Amma atau buruj. Al mufasal ausat dimulai dari surah Amma atau buruj  sampaidengan duha atau lam yakun. Dan mufasal qisar dimiulai dari dhuha atau lam yakun sampai dengan surah Qur’an terakhir.
Dinamakan mufasal, karena banyaknya fasl (pemisah) diantara surah-surah tersebut dengan basmalah.

0 komentar:

Poskan Komentar

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download

Recent Posts


ShoutMix chat widget