Keberkahan dan keutamaan membaca Al-qur'an

Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kita untuk membaca Kitab-Nya :

"Dan bacalah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Rabbmu (Al-Qur'an). tidak ada (seorangpun) yang dapat mengubah kalimat - kalimat-Nya.." (Qs. Al - Kahfi : 27)

Rasulullah SAW bersabda  :
"Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya" (HR. Imam Muslim dari hadist Abu umamah al-bahili)

Allah berfirman ketika menerangkan keutamaan membaca Al-qur'an :
"Sesungguhnya orang - orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam - diam dan terang - terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka ampunan-nya. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri" (QS. Faathir : 29-30)

Adapun hadist mengenai hal tersebut sangat banyak, diantaranya hadist 'Uqbah bin 'Amir yang diriwayatkan dalam shahiih Muslim, Nabi SAW bersabda :
"Tidaklah seseorang dari kalian pergi pada pagi hari ke masjid, lalu ia mempelajari atau membaca dua ayat dari Kitabullah, padahal itu lebih baik baginya daripada dua ekor unta; tiga ayat lebih baik baginya daripada tiga ekor unta, empat ayat lebih baik baginya daripada empat ekor unta, dan bilangan - bilangan ayat lebih baik dibandingkan dengan unta" (Shahiih Muslim I/550 , Kitab Shalaatul Musaafirin, bab Fadl Qiraa-ati Qur-aan fish shalah wa Ta'allumihi)

Diantaranya pula, hadist Abu Hurairah r.a yang juga diriwayatkan dalam shahiih muslim, nabi SAW bersabda ;
"... Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam salah satu rumah Allah, mereka membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenangan akan turun kepada mereka, mereka akan diselimuti rahmat, para Malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut nama - nama mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.."

Disebutkan dalam Shahiih Bukhari dan Shahiih Muslim bahwa para malaikat mendekat dan mendengarkan bacaan Usaid bin hudair :
At-tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud r.a., ia berkata : Rasululah SAW bersabda :
"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."


Perumpamaanyang dibuat oleh Nabi SAW mengenai orang yang membaca Al-Qur'an dan meninggalkannya, baik ia orang yang beriman atau seorang munafik.
Al-bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy'ari r.a., ia berkata : Rasulullah SAW bersabda :
"Perumpamaan seorang Mukmin yang membaca al-qur'an adalah laksana buah utrujah, aromanya harum dan rasanya enak. sementara, perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca al-qur'an adalah laksana buah korma yang tidak memiliki aroma, namun rasanya manis. Adapun perumpamaan seorang munafik yang membaca al-qur'an adalah laksana raihaanah, aromanya harum, namun rasanya pahit. Dan, perumpamaan seorang munafik yang tidak membaca al-qur'an adalah laksana buah hanzalah yang tidak memiliki aroma dan rasanya pahit."

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter

About this blog

Semoga media ini bisa menambah timbangan amalku di akhirat kelak, Amiin Ya Rabbal 'alamiin. kirimkan kritik dan saran ke alamat penjagaquran@gmail.com

Buletin Jum'at

Fatwa Rasulullah

Doa dan Dzikir Rasululah SAW

Biografi Tokoh

1 day 1 ayat

Arsip Blog

Download


ShoutMix chat widget
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku